Kamis, 03 Februari 2011

SAMBAL KLUWAK DARI BONE



Gurihnya rasa kluwak serta taste udang kering yang telah di "uleg" terasa lembut dilindah. Ditingkahi pedasnya lombok rawit menjadikan menu sambel kluwak ini betul betul terasa nikmat. Berlaukkan ikan kering, menjadikan menu makan siang saya menjadi lengkap "mak nyusnya". Yup siang ini aku diajak makan siang di rumah temen yang berasal dari Bone Sulawesi Selatan. Menunya yang dihidangkan banyak. Ada ikan gabus maasak pedas manis, terus telur dadar, ikan ketombong goreng kering, dan ikan asin. Kerupuk ikan tidak ketinggalan serta nasi putih ngebul Fiuih....dasar perut lg laper, tanpa malu nambah tiga kali. Jiahahaha...maaf ya ji, abis sambal kluwaknya gurihnya minta ampun di mix sama ikan asin. Bener bener mak nyus.
Abis makan tanya resep sambel kluwaknya yang nauzubillah nikmatnya. Buat anda yang pengen bikin, nih saya bagi resepnya.

Bahan :
- Kluwak 5 buah
- Cabe rawit (bisa diganti cabe biasa) 20 biji
- Bawang Merah 8 siung
- Tomat 4 Buah
- Udang kering 1 Ons
- Garam dan vetsin secukupnya.

Cara Membuat :
Semua bahan dihaluskan di cobek kecuali vetsin. Cara menghaluskan dengan car di "Uleg" dengan uleg uleg. Sebenarnya bisa dihaluskan dengan blender, cuman menurut empunya rumah rasa gurihnya kurang keluar. Jadi yang terbaik menghaluskannya dengan cobek.
- Setelah semua bumbu halus, panaskan minyak secukupnya diatas wajan. Kemudian semua bahan sambal yang telah halus di masak hingga mendidih dan kental, lalu tambahkan vetsin secukupnya.
- Kemudian tiriskan dan sambal kluwak siap disantap.

Catatan :
- Bila alergi udang, pemakaian udang bisa diabaikan.
- Sambal kluwak lebih nikmat disantap dengan ikan asin.
- Pilih nasi yang putih dan pulen, dan santap nasi saat masih hangat.
- Dijamin lupa hutang sama mertua saking Mak Nyus nya.
SELAMAT MENCOBA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar